Friday, January 16, 2015

AKU DAN INFOGRAFIS

Tahun berganti, tapi ingatan saya di 28 Desember 2014 masih lengket. Ketika ikut workshop di Inspira Studio, Bumi, Laweyan, Solo. Yang paling nempel di otak adalah tentang perkenalan saya dengan sebuah bidang yang bernama Infografis dengan narasumber seorang infografer nasional mas Alib Isa.
Infografis, yang saya ingat waktu itu adalah informasi yang diuraikan melalui gambar sehingga lebih mudah dipahami. Saya tahu kata infografis pertama kali ya dari workshop itu. Dan langsung terpesona pada gambar-gambar yang berupa informasi yang digunakan mas Alib Isa untuk menguraikan apa itu infografis.
Di akhir penjelasan, beliau mengadakan kuis kepada semua peserta untuk menggambar infografis. Pada saat yang sama, mbak Afifah Afra (yang juga menjadi narasumber untuk sesi menulis non fiksi) juga membuat kuis. Jadinya dua kuis dari mas Alib Isa dan mbak Afifah Afra di gabung : Membuat infografis dengan tema outline untuk membuat buku. Spontan saja saya membuat gambar, karena memang hobi corat-coret. Tapi tidak tahu tema apa yang ingin saya tulis untuk buku non fiksi. Maka spontan saya gambar ini :
Dengan keyakinan ini lumayan bagus. Benar saja, pada akhir sesi, diumumkan gambar yang terpilih. 2 dari Mas Alib Isa, 2 dari Mbak Afifah Afra. Gambar saya tersebut adalah 1 dari yang dipilih mas Alib Isa. Tapi temanya sama sekali nggak dilirik Mbak Afifah Afra. :-) Maka saya mendapat dooprize berupa pin dan kalender keren.
Itulah awal perkenalan saya dengan bidang yang dinamakan infografis. Hari-hari selanjutnya ada keinginan untuk menggambar seperti itu. Kemarin sore (16/1/2015), saya iseng menggambar ini menggunakan program paint :
Keinginan saya, saya ingin menggambar infografis tentang dunia yang juga saya suka, dulia kepenulisan. Lalu pada waktu kumpul-kumpul dengan Sastra Alit, saya menggambar dengan coretan tangan :
Lalu hari ini, coretan tangan tersebut saya edit menggunakan Coreldraw menjadi :
Menjadi lebih manis kan? Ternyata hobi corat-coret itu juga menyenangkan. Namun, saya ingin belajar tentang hal ini dan mengasahnya agar bisa lebih baik lagi. Seperti menulis.

No comments: