Wednesday, August 27, 2014

REMAJA JUGA CINTA LINGKUNGAN

ANTOLOGI TEENLIT ASYIK - TEMUKAN WARNA HIJAU
IDENTITAS BUKU
Judul                : Temukan Warna Hijau
Pemrakarsa     : Reni Erina
Penerbit          : Elex Media Komputindo
ISBN                 : 9786020242071
Format Cover  : Soft Cover
Kategorisasi    : NOVEL > FIKSI > KUMPULAN CERPEN
Tebal               : 164 Hlm
Ukuran            : 11 X 18
Harga             : Rp32,800

PEMBUKA
Kumpulan cerpen Temukan Warna Hijau ini berisi 14 cerita. Cerpen-cerpen ini berkisah tentang para remaja yang sangat peduli pada lingkungan. Bahwa tidak banyak, atau mungkin belum ada cerita tentang remaja yang bertemakan cinta lingkungan yang mendasari terbitnya cerpen ini. Dari 14 cerpen ini ada 14 penulis juga yang menjadi penulis tentang kisah remaja ini. Dalam buku antologi cerpen ini dapat dilihat bahwa para remajapun mampu berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan ini. Pengarangnya jelas paham bahwa cinta lingkungan ini meski sedikit mampu berbuat lebih baik daripada mereka yang acuh pada lingkungan sekitar.

JENIS BUKU
Pada buku Pada buku Antologi Cerpen Temukan Warna Hijau ini, para penulisnya seakan menjadi saksi bawah pemanasan global yang terjadi ini perlu perjuangan semua pihak untuk turut berjuag menyelamatkan lingkungan.

ORGANISASI BUKU
Kisah-kisah remaja yang lain dari biasanya ini semuanya adalah bertema remaja cinta lingkungan yang tentunya terdapat benang merah dari satu cerita denganc erita lainnya dalam buku ini.

ISI BUKU
Dilihat dari semua kisah dalam buku ini ceritanya sangat beda dari kisah teenlit lainnya, unik dan menarik sehingga layak untuk dibaca.

BAHASA
Dilihat dari segi bahasa yang digunakan pengarang sederhana, akan tetapi memikat. Bahasa-bahasa sehari-hari yang digunakan para remaja yang bias jadi para pembaca merasa bahwa kisah-kisah ini ada di sekitar mereka juga. Kalimat- kalimat dalam paragraf disusun sangat mudah dipahami.

KEUNGGULAN BUKU
Buku ini berani tampil dengan tema berbeda dari mayoritas buku tentang remaja yang umumnya berkisah tentang asmara mereka. Buku ini mampu mendobrak tren yang ada dengan mengajak para remaja khususnya untuk lebih peduli dan lebih cinta pada lingkungan. Dan tentunya buku ini sangat inspiratif untuk membuka pandangan bahwa peduli lingkungan itu sangat penting.

KELEMAHAN BUKU
Kisah cinta para remaja masih ada yang mengiringi kisah cinta lingkungan, kadang kisah cintanya masih mendominasi.

NILAI BUKU
Yang bisa kita ambil dari kumpulan cerpen ini adalah bahwa remajapun banyak yang peduli dengan lingkungan sekitar. Bahwa remaja mampu berbuat lebih demi menyelamatkan lingkungan hidup.

KESIMPULAN
Buku Antologi Cerpen Temukan Warna Hijau ini sangat menarik, karena buku ini beda dari kisah para remaja kebanyakan. Tidak banyak naskah tentang remaja yang mengetengahkan tema cinta pada lingkungan. Selain itu buku ini mampu menginspirasi dan mengajak para pembaca untuk semakin peduli untuk menghijaukan bumi kita.

Penulis Resensi : Danang Febriansyah

No comments: