Sunday, November 29, 2015

SHOLAT PERTAMA RERI


Hari itu adalah pertengahan Ramadhan, sekitar bulan Agustus 2013. Usia buah hati kami saat itu 2 tahun lebih 3 bulan. Saya pernah mempunyai janji dalam hati suatu saat jika mempunyai rezeki sedikit lebih, akan membelikan mukena kecil untuk si kecil Reri. Dan janji itu terlaksana sore ini, pulang kerja di Wonogiri mampir ke sebuah toko untuk membelikan mukena, lengkap dengan sajadah kecil.
Dalam bayangan saya, Reri akan suka dengan hadiah kecil ini, apalagi sebentar lagi lebaran, mukena ini akan dipakainya untuk sholat id. Menjelang maghrib saya sudah sampai rumah di Solo. Dia menyambutku..
"Ayah dataang..." teriaknya membuat penat setelah perjalanan dua jam seketika hilang. senyumnya mengembang, menghambur dalam pelukanku. Langsung hadiah kecil ini saya serahkan kepada Reri, seperti dalam bayangan saya dia suka.
Saya membantu mengenakan mukena itu pada tubuh kecilnya yang imut. Lalu sebuah gerakan membuatku terkejut.
Dia melakukan gerakan takbir, kemudian rukuk dan sujud. Gerakannya lucu, tapi menunjukkan kalau itu adalah gerakan sholat. Sungguh sesuatu yang belum aku bayangkan. Memang dia sering melihat kami, ayah dan bundanya sholat. Tapi dia hanya bermain.. Langsung saja saya abadikan gerakan sholat pertamanya dengan mukena itu dalam foto.






Sebuah kebanggaan dapat melihat sendiri buah hati kami melakukan gerakan sholat... Bahagia? pasti.... sederhana, tapi sangat berarti...

No comments: