Sunday, November 29, 2015

SPG JUGA MANUSIA

Solo (September 2014)

Di sebuah mall di Solo ketika waktu sudah menapaki malam. Seorang wanita cantik berdiri di depan sebuah stand pakaian. Jelas dia adalah seorang SPG. Tak ada yang aneh memang. Sebagian orang mungkin akan memandang sebelah mata padanya, dan sebagian lagi memandang dengan mata penuh, mungkin karena apa yang dipakainya.
Dan saya melihat dari sudut pandang yang lain. Karena sebuah sebab. Dia wanita dan tentunya calon ibu, bisa jelas terlihat dari keadaannya yang hamil, perutnya membesar dibalut pakaian ketatnya.
Apa yang bisa diambil darinya? Sekali lagi kita lihat dari sudut pandang yang lain. Dengan keadaan seperti itu, dia tetap bekerja, berdiri sepanjang jam dengan beban di perutnya. Bekerja tak kenal waktu demi mendapatkan uang untuk persalinannya kelak. Ini demi siapa? Demi calon bayinya. Tak usah bertanya kemana suaminya. Lagi-lagi kita lihat dari jendela lain yang terbuka.
Ada sisi yang hancur dari sebuah kemanusiaan ketika melihat itu. Mungkin ada yang menghujat dan memicingkan mata padanya. Tapi mereka memberi solusi apa? Mereka memberi makan dia? Ah jangan harap. Semoga ada pelajaran yang bisa diambil dari semangatnya dan tahan ujinya seorang SPG.

No comments: